Monday, March 6, 2017

Cemilan malam dibuat dari penghuni Kulkas

Entahlah seharian kemarin bawaanya pengen makan terus. Pagi dah sarapan pake sayur sop, nasi dan tempe goreng. Dilanjut makan jenang candil+mutiara+sumsum seribuan. Masih dilanjut bikin mi ramen. Bis bobo siang bikin susu jahe, cemilannya bikin tempe goreng tepung sama goreng kerupuk. jam 5an maem lagi pake sayur sop sama goreng tempe lagi. (tiada lain tiada bukan tempe lagi tempe lagi) 😂 hidup tempe

malemnya ternyata perutnya ngasih tanda kruyuk kruyuk aliyas laper. buka buka kulkas ternyata ada beberapa penghuninya yang bisa dibikin cemilan. pertamanya lihat suami lagi ngerebusin kentang sama telur bebek buat sahur mbok. sayanya nitip sekalian. rebus kentang 3 biji. terus lihat tahu dan adonan tepung sisa buat goreng tempe akhirnya ide bikin batagor aja. batagornya judulnya tetep ala ala ya. ala saya maksundya.

di kulkas juga ada bumbu pecel dikasih mamak beberapa puluh hari yang lalu. 😂 asli dah lama banged ngendon di kulkas. masih enak koq. masih sangat layak dimakan. nengok lagi di bawah ada jeruk lemon (bukan lemon yang mahal yak ini lemon lemonan yang suka tumbuh di depan rumah). wah makin girang banged nih.

pertama masak bumbu pecelnya diatas kompor. gag dimasak juga gag papa sih. cukup dikasih air panas aja. tapi karena lagi pengen ribet makanya tak masak aja. tambahkan air masukkan bumbu pecel ke panci, tunggu sampai mendidih. angkat.

potong tahu sesuai selera, masukkan ke adonan tepung goreng sampai matang.

sambil menunggu tahunya matang saya ambil dua buah jeruk. potong-potong, peras airnya masukkan ke gelas. mau bikin jeruk anget biar mirip kalo lagi jajan minumnya jeruk anget. 😂 bumbu pecelnya dikasih juga perasan jeruk. iseng aja sebenernya. soalnya di bumbu pecelnya juga udah ada daun jeruknya. tambahkan gula pasir dan air hangat jadi deh minuman jeruk angetnya.

tahu yang sudah matang diangkat dan tiriskan, kemudian taruh piring. 3 buah kentang yang tadi sudah matang, kulitnya dikupas terus dipotong-potong campurkan dengan tahu goreng tadi. lumayan menyita waktu ngupas kentangnya. walaupun gag berjam jam juga sih. masih panas banged soalnya. dah keburu mo makan aja. sabar bu.

setelah semuanya sudah siap di piring, siram dengan bumbu pecel yang tadi sudah disiapkan. ternyata jadinya banyak banged. bukan cemilan lagi namanya, tapi makan besar. dan yang ditawarin pada gag mau soalnya dah pada makan. akhirnya aku habiskan sendiri.

rasanya gimana mbak? Masya Allah enak banged, mana minumnya pake jeruk anget lagi. berasa lagi jajan di kafe. 😂 lebay yak. tapi beneran enak koq

jadi yang suka nyimpen makanan atau apapun entah entahan di kulkas (bahasanya) pasti kemakan koq kalo pas lagi iseng dan kelaperan malam malam gitu. walaupun kadang juga berakhir jadi fosil di kulkas saking lamanya gag dijamah. gag baik juga sih buang buang makanan. gag boleh ditiru yak.

selamat ngemil malam malam
salam gendut selalu
😂😂😂

Jajangmyeon ala ala


ceritanya pada suatu hari saya mampir di Alfmart. entah waktu itu lupa mau beli apa. tiba-tiba aku lihat ada mi ramen instant dengan saus kedelai hitam. waaaaa langsung aja aku kekepin 3. soalnya kalo beli 1 harganya 7.5k kalo beli 3 cuma 15k. jadi tak beli 3 sekalian. dah dari lama penasaran banged sama yang namanya jajangmyeon a.k.a mi dengan saus kedelai hitam. apakah ini bentuk instantnya? kalo iya berarti dah kesampaian dong ngerasain jajangmyeonnnya.

malamnya langsung dieksekusi. 2 bungkus buat saya dan suami. dibikin sesuai panduan di bungkusnya. tanpa kuah. penampakannya dah mirip jajangmyeon beneran, walaupun gag sepekat dan sehitam yang di film2 korea. soal rasa enak. pedes-pedes gitu soalnya ada irisan cabe rawitnya sepertinya.

isi di bungkus mienya
- mi nya tentu saja, minya lurus gag keriting
- bubuk bumbu yang ada kedelai hitamnya
- sayur sayuran kering dan ada wijennya
- minyak

cara masaknya seperti memasak mi goreng pada umumnya. mi dan sayuranya dimasak. yang lain cukup ditaburkan pada saat mi sudah ditiriskan dan ditaruh piring. aduk-aduk sampai merata. so simple kan.

dan kemarin pagi saya masak mi ini lagi dengan inovasi baru. gag pagi-pagi banged sih jam 10an sepertinya. mi dan sayur saya masak seperti biasa, kemudian saya tambahkan dengan satu butir telur ayam. tunggu sampai matang.

siapkan piring, tuang mi dan telur dari panci beserta kuah-kuahnya. masukkan bumbu dan minyak. aduk sampa merata.dari kemarin dah pengen banged nyobain makan mi campur keju. rasanya kayak apa. penasaran. dan karena di kulkas masih ada sisa keju lumayan banyak akhirnya saya parut keju itu diatas mi ramen tadi. sebenernya sambil mikir kira-kira nanti enak gak yah. 😁

sambil menunggu mi nya agak dingin akhirnya Bismillah aku santap juga mi ramen keju nya. Masya Allah ternyata enak banged. suapan demi suapan koq gag habis-habis. akhirnya karena saya dah kenyang saya kasih ke suami buat menghabiskan. soalnya suami saya itu suka banged kalo suruh ngabisin makanan yang berupa mi mian. walaupun dah habis seporsi mi, tapi kalo istrinya atau mbok gag habis makan minya pasti deh dia yang ngabisin.

sambil senyam senyum aku kasih mienya, mas habisin dong, aku dah kenyang nih. tanpa ba bi bu langsung deh sama suami di habisin. enak gag mas. enak. sayanya cuma ketawa doang, sambil bilang tahu gag mas, mienya tak kasih keju loh. dianya gag komen. padahal biasanya kalo dikasih makanan yang ada keju kejunya gitu dia pasti gag mau. lah giliran dikasih mi ramen ada kejunya dia bisa ngabisin. berarti emang mi ramen tambah keju mang mangstab.

selamat mencoba.
happy cooking

Sayur Sop Minimalis

Bismillah..
Kali ini saya akan berbagi resep sayur sop minimalis a.k.a sayur sop rumahan ala saya. Resep ini sangat cocok untuk yang lagi belajar masak, misal anak SD, anak SMP, anak SMA atau mbak-mbak yang gag pernah turun ke dapur. jadi resepnya sangat simple dan mudah. dan tentu saja bahan yang digunakan juga sangat minimal. makanya diberi judul sayur sop minimalis. 😂😂😂

untuk bahan bahan yang dibutuhkan juga sangat mudah di dapatkan di warung sebelah. kenapa? karena di warung sebelah jual aneka sayuran lengkap beserta bumbu bumbunya 😂 jadi langkah pertama yang harus dilakukan ada pergi kewarung tentu saja. bilang sama ibu warungnya bu beli sop sopan dan oleh ibu warung kamu akan diberi satu bungkusan plastik yang berisi beberapa sayur, diantaranya :
- potongan seperempat bagian dari sayur kol
- 2 batang daun bawang
- 3 batang daun seledri
- 1 buah tomat
- 1 buah wortel
- 1 potong kecil kembang kol
- 3-4 biji makaroni
- 2 buah kentang kecil
- sepertinya sudah 😂

adapun bumbu yang diperlukan
- bawang putih 4 siung
- merica
- garam
- gula merah (bisa diganti gula pasir)
- 2 lembar daun salam
- 1 ruas jahe (bisa di skip)

bawang merah goreng sebagai taburan

bahan pelengkap
karena menurut saya isi dari paket sop sopan tadi kurang banyak maka saya tambahi dengan
- 2 buah wortel
- 5 buah kentang ukuran sedang
- seperempat potong kol

sebenernya kalo ditambahin dengan sepotong dua potong daging tetelan ataupun daging ayam rasanya akan semakin mangstabbs. apalagi kalo nambahinnya sekilo sekilo pasti jadi enakss bingits. tapi karena ini judulnya sayur sop minimalis jadi daging dagingannya di skip saja.

cara memasak
(ala saya ya)
- rebus air dipanci
- kupas kentang dan wortel kemudian potong potong cuci bersih, setelah airnya mendidih masukkan semuanya kedalam panci.
- potong-potong kol. gag perlu pake ukuran 3x4 atau 4x6. potong bebas. cuci bersih, sisihkan.
- daun bawang dan daun seledri di cuci sampai bersih, kemudian potong2. atau diiris iris. sisihkan.
- saatnya bikin bumbu. bawang putih dikupas kemudian dicuci. siapkan cobek dan ulegannya. masukkan bawang putih, garam, merica. uleg sampai halus. kemudian masukkan ke panci yang sudah berisi kentang dan wortel. tambahkan gula merah atau gula pasir
- daun salam dicuci bersih masukkan ke panci
- jahe di cuci bersih, kemudian di geprek terus dimasukkan ke panci menyusul bumbu bumbu lainnya
- setelah kira-kira wortel dan kentag sudah empuk, masukkan kol, daun bawang, daun seledri dan potongan satu buah tomat
-  tunggu sampai sayur matang
- setelah matang sayur sop minimalis siap disajikan.

sayur sop ini akan lebih maknyus lagi kalo ada sambelnya. berhubung saya bukan penyuka sambel, dan cabe sedang mahal-mahalnya jadi sambelnya di skip saja.

selamat mencoba..
so simple so yummy 😂😂😂

Saturday, March 4, 2017

Martabak manis semanis madu

this is it
ini adalah penampakan martabak manis dengan resep di postingan kemarin
dengan adonan yang overproof
kenapa?
karena dah lebih dari 3 hari di kulkas
😂😂😂
terus rasanya gimana mbak?
enak sih, tapi kemarin baru tak makan pinggir pinggirnya yang crunchy crunchy gitu
sama ngabisin topingnya aja
soalnya dah kenyang ngabisin okonomiyaki


Okonomiyaki ala ala :D





ceritanya tadi malam iseng iseng bikin okonomiyaki ala ala jepun. resepnya ngarang aja, seadanya bahan dirumah. :D

jadi bahan yang aku pake adalah sebagai berikut :
telur ayam 1 butir
bawang merah 1 butir
bawang putih 2 siung
garam secukupnya

untuk isiannya
kol a.k.a kubis di iris iris tipis
daun bawang
daun seledri
bawang merah goreng
ayam goreng beberapa suwiran
soun sejumput

cara buatnya
campur semua bahan jadi satu
panaskan wajan
terus goreng deh
tunggu sampai matang
😂😂😂
so simple kan

jadi siapa yang bilang kalo masak itu susah
ternyata gag kan 😂😂😂

untuk menghasilkan rasa yang pas lah yang sulit
karena kita harus main perasaan
opo to mbakyu
ya maksudnya dirasa rasa aja kira kira dah pas belum bumbunya
😂😂😂

dan sebenernya yang tak bikin semalam itu kayaknya juga bukan okonomiyaki deh
tapi telur dadar sayur 😂😂😂
gpp lah yang penting mirip mirip dikit

sekian resep hari ini
selamat mencoba
happy cooking


Belajar menjadi Blogger

Cita cita aku jaman masih bocah tuh pengen banged jadi seorang penulis. Kiranya kenapa koq seorang bocah bisa punya cita-cita seperti itu, yah mungkin karena aku dari kecil hobi banged yang namanya membaca. 

Suka takjub gitu Kalo dah keasyikan membaca, koq bisa ya ada orang yang bisa merangkai dan meramu kata sehingga enak dibaca. Masya Allah. 

Seiring berjalannya waktu aku pun mulai belajar menulis, walaupun biasanya cuma tersalurkan lewat pelajaran Bahasa Indonesia. Dulu kalo tes cawu a.k.a caturwulan pasti ada soal yang menyuruh kita untuk membuat sebuah karangan. Biasanya sudah ada temanya gitu. Paling seneng kalo temanya bebas, jadi bisa nulis apa aja. 

Masuk SMP ketemu guru Bahasa Indonesia yang kayaknya suka banged dunia karang mengarang, so sering banged dapat tugas disuruh bikin tulisan. Seneng banged dong, buat ku ini tugas yang menyenangkan. 

Semakin bertambahnya usia semakin banyak buku yang dibaca. Pokoknya mah jaman Jadi anak sekolah hobi banged ke perpustakaan. Entah itu perpustakaan di sekolah maupun perpustakaan umum. 

Kalo sekarang malah jarang banged baca Buku, seringnya mah baca status Facebook. :D . Karena sekarang zamannya sudah berubah, kata orang mah namanya era digital, semuanya serba digital. Dulu sempet langganan sebuah majalah yang akhirnya berhenti cetak karena dilibas semua yang serba digital. Sedih sih sebenernya tapi mau gimana lagi zamannya sudah berubah. Harga kertas yang semakin mahal Dan ongkos cetak yang mungkin juga costnya melambung tinggi tidak sebanding dengan daya beli masyarakat. 

Bahasannya berat yak. :D . Agak-agak gimana gitu nulisnya. Sudahlah tidak usah bahas yang berat-berat ya Mbak. :D

Tadi judul diatas belajar menjadi Blogger, terus seperti apa tips-tips yang bisa dibagikan nih Mbak? Sebenernya saya juga cuma mau bercerita bahwa saya masih dalam taraf belajar. 

Belajar merangkai kata biar enak dibacanya. Sedang mencari ide ide lagi kiranya konten yang pas buat mengisi blog yang usianya dah 5 tahun ini. Secara selama ini isinya hanya curhatan curhatan galau gag jelas dari seorang jombloers. :D

Karena memang kebisaan saya itu, curhatan. :D. Gag ding sebenernya saya bisanya cuma menuliskan apa-apa yang sudah saya lakukan Dan kerjakan di kehidupan sehari-hari. Jadi ya isinya cerita tentang saya. :D 

Ya karena itu tadi, saya bisanya cuma menulis yang ringan-ringan saja. Gag punya ilmu buat bahas yang berat-berat kayak bahas politik atau apapun itu yang kiranya ilmunya tidak saya kuasai. Memangnya yang sudah di kuasai apa Mbak? Ya itu tadi curhat curhatan. Eeaaa

Intinya sih kalo pengin jadi seorang blogger paling tidak ada satu yang harus bisa dilakukan, apa itu? Menulis. Karena sebuah blog itu harus berisi sesuatu yang bisa dibaca, Dan sesuatu yang bisa dibaca itu harus berupa tulisan. Adanya sebuah tulisan itu karena ada sebuah tahapan proses yang bernama menulis. Catet yak 😂😂😂

Terus bagaimana caranya agar kita bisa menulis. Menurut saya sih harus banyak belajar. Belajarnya ya paksakan diri kita untuk menulis. Apa saja yang kiranya bisa kita tulis. 

Semakin banyak kita mencoba akan semakin lancar dalam menyusun kata per kata. Sehingga menjadi sebuah kalimat yang bisa dibaca. Seperti kata pepatah alah bisa karena biasa. Jadi kalo kita biasakan Insya Allah menjadi bisa. 

Setelah kita bisa menulis, Masih ada proses tahapan selanjutnya. Kiranya tulisan kita itu berbobot, layak baca, atau hanya tulisan ecek ecek seperti yang biasa saya lakukan. 😂 Karena jujur saja sampai saat ini saya belum bisa membuat tulisan yang berbobot yang sekiranya mempunyai manfaat bagi pembacanya. 

Akhirnya melalui blog inilah tulisan remeh temeh Dan gag jelas yang saya tulis bisa terpublikasikan. Cerita cerita konyol tentang saya dan tulisan gag jelas lainnya. Yang dulu jaman saya masih bocah gag akan terbayangkan bahwa tulisan seorang bocah desa bisa mendunia melalui blog, walaupun mungkin juga entah ada yang mau membacanya atau tidak.  😂 Setidaknya tulisannya sudah masuk internet yang bisa diakses di seluruh dunia. 😂

Sepertinya tulisan saya Kali ini tergolong berat. 😂 Biasanya nulis cerita konyol. Bahasanya juga agak-agak berat menurut saya. 😂

Sudah ah segitu saja tulisan dari seorang yang masih belajar dan mencoba menjadi seorang blogger. Semoga bermanfaat.

Friday, March 3, 2017

Purworejoku tercintah

Baru tahu ternyata deket rumah mo dibangun perumahan
Dah laku 3 unitan sepertinya
Walaupun bukan kota tapi lumayan deket ke kota Purworejo sih
10 menitan lah kalo naik motor
Deket SPBU aliyas pom bensin
Deket sawah, jadi bisa lihat pemandangan berbagai musim di sawah
Musim nyangkul, musim nanam padi, musim matun (apa coba) Dan tentu saja musim panen 😂😂😂

Jadi inget jaman belum nikah ditanya lagi musim apa Mbak di desa pasti jawabnya gag tahu 😂😂😂
Tahunya musim rambutan musim mangga
Secara rumah jauh dari sawah

Kalo sekarang tiap hari lewat Jalan kiri atau kanannya sawah
Jadi lumayan tahu lah kiranya lagi musim apa di sawah
Akses Jalan menuju ke desa gintungan lumayan bagus
Dah aspalan tentunya 😂
Secara kota kecamatannya letaknya di sebelah utara desa ini
Jadi Jalan deket rumah lumayan ramai lah
Namanya Jalan kecamatan atau Kabupaten yak 😂
Keluar dari desa nanti langsung disambut Jalan lingkar utara
Atau nama lainnya Jalan Magelang
Yang mo ke arah Magelang Semarang lewatnya Jalan ini
Jadi seringnya ketemu bus bus besar
Walaupun gag pernah bawa2 kertas berisi tulisan om telolet om sayanya dah sering denger di jalan 😂😂😂

Alhamdulillah jalannya alus mulus
Walaupun katanya di Purworejo banyak jeglongan sewu karena banyaknya Jalan berlubang
Alhamdulillah Jalan yang tiap hari saya lewati alus mulus
Walaupun dulu sempet rusak parah sampai hampir tiap Hari ada truck yang terjebak lubang, sekarang sudah gag ada

Bener2 dah alus lus, semoga awet alusnya. Aamiin.
Eh ini kenapa saya promosi perumahan yak 😂
Di Purworejo lagi marak banged pengembang perumahan
Desa sebelah aja dah berapa judul perumahan😂
Di rendeng ada 2 lokasi yang unitnya lumayan banyak dah penuh semua
Di seren ada berapa lokasi aja. Ada palapan, the Atlantic yang kayaknya kelas elite ada swimming pool nya Dan berbagai macam fasilitas, ada Bali residence ada lagi lupa namanya
Di sucen ada green Mutiara yang kalo aku lewat situ mesti nengok2 😂 bagus soalnya, sebelah ya lagi ada Puri apa gitu lupa, ada lagi green Indah kulahan, adalagi yang belakang musholla, ada lagi sebelahnya lagi 😂😂😂saking banyaknya
Kalo yang dah dari jaman dulu tahunya perumahan korpri sucen
Sekarang dah mambrah2
Yang dulunya kebon kosong isinya pohon Bambu sekarang dah jadi perumahan
Yang tadinya kebun jagung Jadi perumahan
Gag cuma perumahan
Pabrik2 Baru pun banyak yang dibangun di Purworejo ku tercintah ini
Dulu awal2 Jadi warga gintungan berasa gimana gitu
Perjalanan dari rumah ke sekolah berasa berat banget
Jalanan sepi karena banyak kebon Dan sawah
Jalan berlubang
Jembatan yang belok2
Alhamdulillah sekarang dah nyaman
Karena banyak dibangun perumahan Jadi lebih semarak gag terkesan sepi
Jalannya dah alus
Jrmbatannya pun baru dah lurus gag belok2 lagi 😂
Jalan yg tadinya menurutku agak gimana gitu secara sepi gag ada rumah
Sekarang dah lebih semarak karena ADA pabrik Baru

Alhamdulillah pokoknya mah sekarang dah enak buat Jalan
Dah gitu aja
Kotaku yang katanya kota pensiun
Kota tua
Yang mulai berbenah